Langsung ke konten utama

Candhi Cetho


Image result for candi cetho

Sejarah Tentang Candi Cetho, Karanganyar
Banyak sekali peninggalan sejarah tentang agama hindu di Indonesia, jika kita mendatangi satu-satu tempat tersebut tak cukup dalam waktu yang singkat. Butuh waktu lama pastinya, untuk menggali informasi secara langsung.
Terutama di daerah Jawa Tengah, dapat disebut sebagai daerah yang berjuta budaya dan sejarah peninggalan kebudayaan Indonesia. Bagi masyarakat sekitar sudah bukan hal asing lagi keika mengunjungi candi-candi di Jawa.

Salah satu peninggalan sejarah di Jawa tengah adalah di kota Karanganyar, Yaitu Candi Cetho. Candi Cetho terletak di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Komplek candi sering dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar atau penduduk setempat sebagai tempat ziarah maupun tempat pemujaan. Candi Ceto dibuat pertama kali oleh Van de Vlies pada tahun 1842. Berdasarkan keadaannya saat reruntuhannya diteliti, candi ini diperkirakan sudah berusia tidak jauh berbeda dari Candi Sukuh, yang cuup berdekatan lokasinya.

Kompleks percandian saat pertama kali ditemukan reruntuhan batu pada 14 teras/punden bertingkat, memanjang dari barat ke timur. Pembaruan pada akhir 1970-an dilakukan oleh Sudjono Humardani,asisten pribadi Suharto
mengubah banyak struktur asli candi, meski konsep punden berundak tetap dipertahankan. Beberapa obyek baru hasil pembaruan yang dianggap sudah tidak original adalah gapura di depan bagian kompleks, bangunan-bangunan dari kayu tempat pertapaan, patung-patung yang dinisbatkan sebagai Sabdapalon, Nayagenggong, Brawijaya V, serta Phallus, dan bangunan kubus ada bagian puncak punden. Kemudian pada masa bupati karanganyar, Rina Iriani menempatkan arca Dewi Saraswati, sumbangan dari Kabupaten Gianyar, pada abagian timur kompleks candi, pada punden lebih tinggi daripada bangunan kubus.

Sekarang kompleks candi ceto, terdiri dari sembilan tingkatan berundak. Sebelum gapura besar berbentuk candi bentar, terlihat dua pasang arca penjaga. Aras pertama setelah gapura masuk merupakan halaman candi. Aras kedua masih berupa halaman dan aras ketiga terdapat petilasan Ki Ageng Krincingwesi, leluhur masyarakat dusun ceto. Pada dinding kanan gapura
terdapat inskripsi dengan aksara Jawa Kuno berbunyi Pelling Padamel irikang buku tirtasunya hawakira ya hilang saka kalanya wiku goh anaut iku. Tafsiran dari tulisan tersebut adlaah fungsi candi untuk menyucikan diri (ruwat) dan peyebutan tahun pembuatan gapura, yaitu pada tahun 1397 Saka atau dalam Masehi 1475 Masehi. Diteras ketujuh terdapat sebuah tataan batu mendatar di permukaan tanah yang menggambarkan kura-kura raksasa, surya Majapahit. Kura-kura adalah lambang penciptaan alam semesta sedangkan penis merupakan simbol pencpiptaan manusia.  Terdapat penggambaran hewan-hewan lain, seperti mimi, katak, dan ketam. Pada aras ke delapan terdapat arca phallus ( disebut “kuntobimo”) disisi utara dan arca Sang Prabu Brawijaya V dalam wujud Mahadewa. Pemujaan terhadap arca ini melambangkan ungkapan syukur dan pengharapan atas kesuburan yang melimpah atas bumi. Dan yang terakhir adalah aras ke sembilan merupakan aras tertinggi sebagai tempat pemanjatan doa. Disini terdapat bangunan batu berbentuk kubus.

Nah, itulah beberapa penjelasan dari Sejarah Candi Ceto. Jangan lupa ketika anda ke solo mampir kesini untuk menelisik lebih jauh lagi tentang pengetahuan sejarah peninggalan berbudaya di Indonesai. (http://www.jalansolo.com/wisata/sejarah-tentang-candi-cetho-karanganyar/)
Jika kamu belum pernah ke Candi Cetho, berikut ini adalah 6 hal yang sebaiknya kamu tahu sebelum berkunjung.

Image result for candi cetho

1. Lokasi candi ini berada di atas Kebun Teh Kemuning

Seperti yang sudah disinggung di atas, lokasi Candi Cetho berada persis di atas kawasan Perkebunan Teh Kemuning yang luas dan hijau. Perjalanan kita akan melewati kawasan perkebunan tersebut yang tentu saja menyajikan pemandangan yang tak membosankan. Dari kompleks candi, kita masih bisa menyaksikan pemandangan perkebunan teh. Pemandangan justru terlihat lebih keren.

Image result for candi cetho
2. Mirip-mirip Candi Sukuh

Candi Sukuh – juga yang berada di lereng Gunung Lawu – merupakan salah satu candi yang kontroversial karna ada banyak arca dan relief yang menonjolkan organ intim manusia. Salah satu arca bahkan menggambarkan proses senggama antara pria dan wanita.
Meski tidak terlalu banyak, kita juga akan menemukan hal yang sama di Candi Cetho. Di awal-awal kompleks (pelataran bawah), kita akan disambut oleh sebuah arca yang menyimbolkan organ intim laki-laki.

3. Pengunjung wajib mengenakan kain poleng

Beberapa tempat wisata di Bali (terutama kawasan tempat ibadah) mewajibkan wisatawan untuk mengenakan kain poleng. Yakni kain belang mirip sarung yang dikenakan pada pinggang. Bagi umat Hindu, kain ini tentu pastilah punya filosofi khusus sehingga mereka tak pernah melupakannya ketika hendak beribadah,
Nah, peraturan yang sama juga berlaku di Candi Cetho. Karna candi ini masih aktif digunakan untuk beribadah, pengunjung diwajibkan untuk mengenakan kain ini jika ingin memasuki kompleks candi. Setelah membayar tiket masuk, pihak pengelola akan memasang kain tersebut kepada setiap pengunjung yang akan masuk ke kompleks candi.

4. Candi Cetho terdapat jalur pendakian Gunung Lawu

Cemoro Kandang dan Cemoro Sewu adalah dua jalur pendakian resmi Gunung Lawu yang paling sering digunakan para pendaki. Belakangan, ada satu jalur lagi yang namanya mulai dikenal banyak pendaki. Yakni via Candi Cetho.
Namun, jalur ini sangat panjang dan melelahkan. Jalur Cetho merupakan jalur terpanjang di antara jalur-jalur lain di Gunung Lawu. Butuh waktu minimal sekitar 10 jam dari titik awal pendakian menuju puncak. Bandingkan dengan jalur Cemoro Kandang dan Cemoro Sewu yang rata-rata “hanya” membutuhkan waktu sekitar 6 jam.

5. Jangan lupa mampir ke Ndoro Donker atau Bale Branti

Sebagaimana perkebunan teh pada umumnya, Kebun Teh Kemuning juga menjadi objek wisata bernuansa alam yang cukup banyak digemari. Pemandangan hijau yang luas serta udaranya yang cukup sejuk menjadi daya tarik utamanya.
Nah, di kawasan Kebun Teh Kemuning ada dua tempat nongkrong yang cukup terkenal yakni Rumah Teh Ndoro Donker serta Bale Branti. Keduanya hanya berjarak beberapa puluh/ratus meter saja. Kedua tempat tersebut akan kita lewati saat melakukan perjalanan ke Candi Cetho. Lokasinya berada di awal-awal kompleks tanaman teh. So, jangan lewatkan kesempatan untuk mampir ke salah satu dari dua tempat tersebut untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal.

6. Kendaraan harus benar-benar siap tempur
Satu hal penting yang harus dipersiapkan jika ingin berkunjung ke Candi Cetho adalah perihal kendaraan. Tidak ada kendaraan umum yang akan membawa kita sampai ke lokasi candi jadi kendaraan pribadi adalah satu-satunya opsi.
Karna lokasi candi ini berada di lereng gunung pada ketinggian 1.496 mdpl maka tak heran kalau akses menuju sana sangat menanjak. Kendaraan harus benar-benar dalam keadaan prima dan siap tempur.

Candi Cetho merupakan kaitan dengan akhir pemerintahan Majapahit (abad ke-15) karena menjadi tempat persinggahan dan pelarian Prabu Brawijaya V ke gunung Lawu.

Tanjakan terakhir melewati kawasan pemukiman didominasi masyarakat beragama Hindu dan dibagian paling ujung terlihat gerbang gapura Candi Cetho. Ketika tiba di area parkir Candi Cetho, kabut tebal langsung menyambut kami. Akhirnya kami langsung menuju ke loket tiket masuk dan berjalan menaiki tangga memasuki gapura candi Cetho. Di depan gapura kita mendapati sepasang arca penjaga. Arca penjaga tersebut dinamakan Arca Nyai Gemang Arum. Keanehan bentuk Arca Nyai Gemang Arum ini menyerupai orang Sumeria bukan orang Jawa dan arca ini tidak ditemukan pada candi-candi peninggalan kerajaan Majapahit yang lainnya.

Memasuki gapura, kami mendapati bentuk gapura bukan peninggalan masa lampau. Gapura ini diperkirakan dibangun pada saat renovasi Candi Cetho tahun 1970an oleh Presiden Soeharto yang melakukan penambahan bangunan dan sedikit merubah keaslian candi. Setelah melewati gapura pertama, Candi Cetho terlihat memiliki sembilan tingkatan berundak. Namun sebenarnya Candi Cetho memiliki tigabelas tingkatan berundak, namun hanya sembilan tingkatan berundak yang dipugar. Di teras kedua kami mendapat informasi bahwa halaman ini merupakan tempat petilasan Ki Ageng Krincingwesi, leluhur dusun Cetho.
Pada teras ketiga terdapat susunan batu yang membentuk kura-kura raksasa yang konon sebagai lambang Majapahit. Didepan kepala kura-kura terdapat simbol phallus (alat kelamin laki-laki) sepanjang 2 meter dilengkapi dengan hiasan tindik (piercing) bertipe ampallang. Kura-kura adalah lambang penciptaan alam semesta sedangkan penis merupakan simbol penciptaan manusia. darii suryasengkala berangka tahun 1373 Saka, atau 1451 masehi.

Di teras selanjutnya terdapat relief batu yang bercerita mengenai Sudhamala, hampir sama seperti relief yang terdapat di Candi Sukuh yang menceritakan kisah manusia tentang usaha untuk melepaskan diri dari malapetaka. Di setiap teras terdapat dua pendapa yang mengapit jalan menuju ke bangunan utama.
Di teras ketujuh candi Cetho terdapat sepasang arca. Di sisi utara merupakan arca Sabdapalon dan di selatan arca Nayagenggong, dua tokoh setengah mitos (banyak yang menganggap sebetulnya keduanya adalah satu orang) yang diyakini sebagai abdi dan penasehat spiritual Sang Prabu Brawijaya V.

Pada teras selanjutnya, di depan gapura terdapat Arca Phallus (dinamakan “kuntobimo“) di sisi utara dan arca Sang Prabu Brawijaya V dalam wujud mahadewa. Pemujaan terhadap arca phallus melambangkan ungkapan syukur dan pengharapan atas kesuburan yang melimpah atas bumi setempat.
Sebelum memasuki teras tertinggi terdapat jalan tembus ke arah kiri menuju ke Candi Kethek dan Puri Saraswati. Namun kami terus berjalan menapaki tangga batu ke arah teras tertinggi. Akhirnya kami sampai di teras tertinggi yang terdapat bangunan utama. Di teras ini terdapat beberapa bale yang terbuat dari kayu. Bangunan bale ini bukan merupakan peninggalan sejarah karena dibuat pada beberapa tahun yang lalu. Pendapa ini masih digunakan untuk beribadah bagi umat Hindu dan orang-orang yang beraliran Kejawen (Jawa).

Bagunan utama Candi Cetho berbentuk piramida yang terpenggal atau trapesium mirip dengan bangunan utama Candi Sukuh. Sepertinya bagian bangunan utama yang berbentuk piramida terpenggal ini masih asli dan sedikit mengalami perubahan. Walaupun mungkin ketika renovasi dilakukan penggantian beberapa batuan candi yang sudah lapuk dengan yang baru agar bisa berdiri dengan sempurna. Bila diperkirakan struktur asli kompleks Candi Cetho tidak jauh berbeda dengan Candi Sukuh. Di dalam pintu masuk bangunan utama Candi Cetho ini terdapat relief yang menggambarkan alat kelamin wanita yang kono memiliki mitos untuk menguji keperawanan seorang gadis. Ada yang ingin membuktikannya?

Menurut informasi masih banyak hal yang perlu dikaji mengenai Candi Cetho mengingat banyak keanehan pada bentuk dan struktur batuan candi. Candi-candi yang dibangun pada masa kerajaan Majapahit sebagian besar terbuat dari batu bata dengan ukiran yang lebih beragam. Batuan candi Cetho yang terbuat dari batu kali ini diperkirakan dibangun sebelum kerajaan Majapahit dan prasasti yang ditemukan bukan prasasti tahun pembuatan melainkan tahun saat renovasi candi yang dilakukan pada zaman kerajaan Majapahit. Beberapa relief dan patung justru tidak memiliki kaitan dengan candi-candi lain di Indonesia namun mirip dengan bangunan candi yang ada di peradaban Inca, Maya di Amerika Latin. (text/foto: annosmile)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wejangan Krisna kepada Arjuna sebelum perang melawan Karna

KRISHNA: : "  Apa yang kusampaikan kepadamu bukanlah hal baru; sudah berulang kali kusampaikan di masa lalu." ARJUNA:  Apa maksudmu dengan masa lalu? Kapan? KRISHNA: Dari masa ke masa, di setiap masa.Sesungguhnya kita semua telah berulang kali lahir dan mati,aku mengingat setiap kelahiran dan kematian. Kau tidak, itu saja bedanya. Setiap kali keseimbangan alam terkacaukan,dan ketakseimbangan mengancam keselarasan alam,maka “Aku” menjelma dari masa ke masa,untuk  mengembalikan keseimbangan alam. “Aku” ini bersemayam pula di dalam dirimu,bahkan di dalam diri setiap makhluk hidup,segala sesuatu yang bergerak maupun tak bergerak. Menemukan “Sang Aku” ini merupakan pencapaian tertinggi. Dengan menemukan jati diri, Sang Aku Sejati,segala apa yang kau butuhkan akan kau peroleh dengan sangat mudah. Berkaryalah dan Keberadaan akan membantumu. Sesuai dengan sifat dasar masing-masing. Manusia dibagi dalam 4 golongan utama. 1.    Para Pemikir bekerja dengan be

Ngenal Sedulure Dewe

KAKANG KAWAH ADI ARI - ARI adalah bagian dari hidup kita yg selalu mendampingi dan menjaga jasad kita, mereka berada dekat dari kita meskipun tak bisa diliat oleh mata, namun menurut para ahli kebatinan saudara kita sangatlah berperan penting dalam kehidupan terutama untuk menunjang roses dlm pembentukan JIWA yg manunggal, karena merekalah yg menuntunkan sukma dan ruh kita kealam suwung atau alam kelanggengan. oleh sebab itu maka perlulah  kita sebelum mempelajari ilmu kebatinan terlebih dahulu untuk mempelajari ilmu saudara kita atau dengan istilahnya ” NGOCO TANPO PENGILON” yaitu bercermin tanpa sebuah kaca, saudara kita ini terdiri dari; 1. KAKANG KAWAH yang disebut KAWAHIYAH, berada di TIMUR tempatnya, perwujudanya berupa AIR KETUBAN yang keluar terlebih dahulu dari kandungan, berwarna PUTIH. 2. ADI ARI-ARI yang juga disebut HARIYAH , berada di BARAT tempatnya, berupa ARI-ARI yang keluar setelah kita lahir, berwarna KUNING. 3. TALI PUS

OJO DUMEH

P ada kondisi sekarang ini banyak OKB ( Orang Kaya Baru ) dan akhirnya menjadi OKB( Orang kaya Bau ) banyak orang merasa bener / benar tapi malah keblinger banyak orang merasa berkuasa dan perkasa tapi tidak tahu arah dan akhirnya gangguan jiwa dan banyak lagi yang sebetulnya implikasi dari sebuah ketidaktahuan diri kita , kita pakai baju apa dan digunakan di mana ? itulah sebuah gambaran dari kehidupan yang carut marut ini, mari kembali ke habitat kita sebagai orang jawa/ Indonesia yang jawani / Indonesia dengan menggali budaya adi luhung dengan tidak ketinggalan teknologi. salah satu dari sekian banyak budaya adi luhung adalah ajaran / konsep ketuhanan yang di sanepanke oleh semar yaitu : Tiga hal yang mendasari Masyarakat Jawa mengenai Konsep Ketuhanan yaitu :  Kita Bisa Hidup karena ada yang meghidupkan, yang memberi hidup dan menghidupkan kita adalah Gusti Kang Murbeng Dumadi atau Tuhan Yang Maha Esa.  Hendaknya dalam hidup ini kita berpegang pada “Rasa” yaitu dikenal